Postingan populer dari blog ini
Manajemen Strategi Dokumen Pertemuan
DAFFA PERPUSTAKAAN (FREE)
Assallamualaikum Wr. Wb , Salam Sejahtera Selalu Buat Sahabat, Anak2 didiku, dan semuanya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Dengan ini kami dari Daffa Perpustakaan menyediakan Buku-buku secara free bagi masyarakat umum dan semua yang membutuhkan termasuk anak-anak didik ku yang membutuhkan. Berikut kami sajikan link terkait, Semoga bermanfaar :-) Daffa Perpustakaan
Nama : Rhamira Herna Putri
BalasHapusNIM : 2001020028
Prodi : Akuntansi
1. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki komunikasi yang salah,diantaranya dapat dilakukan dengan cara:
- Memberikan waktu dan perhatian dalam percakapan yang penting.
Dimana, komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan dilakukan.
Misalnya : jika anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama. Tetapi, solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.
- Lakukan kontak mata dengan lawan bicara
Menatap lawan bicara akan membuat anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.
- Menggunakan bahasa tubuh yang baik selama pembicaraan berlangsung
Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.
Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika Anda harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara Anda.
-Mendengarkan
komunikasi adalah percakapan dua arah yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan dan mendengarkan secara timbal balik. Dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara dan jangan hanya sekedar menunggu giliran untuk berbicara saja. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan Anda informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya.
-Terus Belajar Berkomunikasi melalui berbagai Sumber dan Pengalaman
Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan tentang komunikasi atau public speaking.
2.Kualitas sebuah komunikasi sangat ditentukan oleh tonalitas suara atau tinggi rendah dan lemah lembutnya suara, keras tidak suara dan perubahan nada suara. Akan tetapi tonalitas suara saja tidak cukup, karena tonalitas suara bisa saja membuat komunikasi verbal kurang hidup. Oleh karena itu tonalitas suara sebaiknya dibarengi dengan ekspresi atau raut muka yang sesuai.
Hal yang dapat kita lakukan yakni :
1). Ketahui mitra bicara (audience). Kita harus sangat mengenal dan memahami dengan siapa kita berbicara. Apakah dengan orang tua, anak-anak, laki-laki atau perempuan, status sosialnya seperti apa, pangkat, jabatan dan semacamnya. Dengan mengetahui audinece kita harus cerdik dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan informasi atau buah pikiran kita. Artinya, bahasa yang dipakai harus sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audience kita.
2). Ketahui tujuan
Tujuan kita berkomunikasi akan sangat menentukan cara kita menyampaikan informasi. Bila kita bermaksud sekedar menyampaikan informasi, tentu komunikasi bersifat pengumuman.
3).Perhatikan konteks
Konteks disini berarti keadaan atau lingkungan pada saat berkomunikasi. Pada saat berkomunikasi, konteks sangat berperan dalam memperjelas informasi yang disampaikan.
4).Pelajari Kultur
Kultur atau budaya, habit atau kebiasaan orang atau masyarakat juga perlu diperhatikan dalam berkomunikasi. Orang Jawa atau Sunda pada umunya dikenal kelembutannya dalam bertutur kata. Kelembutan bertutur kata akan sangat baik bila diimbangi dengan cara serupa.
5). Pahami Bahasa. Bahasa menunjukkan bangsa, artinya bahasa dapat menjadi ciri atau identitas suatu bangsa. Berbicara identitas berarti berbicara harga diri atau kebanggaan. Dengan memahami bahasa orang lain berarti berusaha menghargai orang lain.
Nama : Dwi Anggraini
BalasHapusNim : 2001010139
Prodi : Manajemen
1. Apa perbedaan ekonomi pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi ?
Jawab : Perbedaannya adalah kalau pertumbuhan ekonomi adalah majunya / berkembang suatu sektor perekonomian ke arah yang lebih baik, sedangkan pembangunan ekonomi adalah membangun / membuat sektor perekonomian yang sudah ada menjadi semakin baik lagi.
2. Bagaimana dalam segi pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia saat ini berikan penjelasan dan kasih alasan nya.
Jawab : Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. dengan pendapatan nasional per tahun indonesia mampu memberikan kemajuan.
Alasannya adalah ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi saat ini.salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian.
Nama : Dariansyah
BalasHapusNim : 1901010108
Kelas : 4A3 Manajemen pagi
1. Cara memperbaiki komunikasi yang salah:
Dalam melakukan komunikasi adakalanya hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, komunikasi yang terjadi tidak efektif, sehingga tidak mencapai sasaran dengan baik.
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, antara lain: persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan/keserasian.
Jadi, untuk memperbaiki komunukasi yang salah, adalah dengan memberikan waktu dan Perhatian dalam Percakapan Penting, kemudian lakukan kontak mata dengan Lawan bicara dan ubah pemahaman yang salah dalam komunikasi tersebut.
Contoh : Pada saat rapat dikantor kepal desa, ada beberapa kata atau kalimat yang sering diucapkan namun terkesan memaksa. Jadi anggota yang lainnya merasa ada sebuah keterpaksaan yang harus dilaksanakan. Misalkan dalam bahasa jawa seseorang sering berkata “pokok’e” atau “pokoknya”.
Kata-kata itu kesannya memaksakan kehendak, dan mengakibatkan anggota yang lain tidak enak untuk mendengarkan pembicaraannya yang lain, sehingga menyebabkan komunikasi yang salah.
2.Membangun komunikasi yang baik dari awal :
-Memahami inti pembicaraan dengan baik, agar saat lawan bicara bertanya, anda dapat memberikan umpan balik dengan baik.
-Mendengarkan lawan bicara saat sedang berbicara dan memberikan ekspresi dapat membuat lawan bicara merasa dihargai.
-Tidak memotong pembicaraan, walaupun saat lawan bicara anda berbeda pendapat, jangan langsung memotong, tetap dengarkan dan jawab dengan tidak memojok an nya, karna berbeda pandangan dengan anda.
NAMA : NAIF FERIZAR
BalasHapusNIM : 2001010117
PRODI : MANAJEMEN
KELAS : A3
HADIR
Apa perbedaan ekonomi pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi ?
Jawab : Perbedaannya adalah kalau pertumbuhan ekonomi adalah majunya / berkembang suatu sektor perekonomian ke arah yang lebih baik, sedangkan pembangunan ekonomi adalah membangun / membuat sektor perekonomian yang sudah ada menjadi semakin baik lagi.
2. Bagaimana dalam segi pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia saat ini berikan penjelasan dan kasih alasan nya.
Jawab : Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. dengan pendapatan nasional per tahun indonesia mampu memberikan kemajuan.
Alasannya adalah ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi saat ini.salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian.
Nama : Naif ferizar
BalasHapusNim : 2001010117
Prodi : Manajemen
Kelas : A 3
(Menjawab tugas dikarenakan tidak dapat hadir dalam mengikuti kuliah secara ofline)
Berikut contoh-contoh pertumbuhan ekonomi :
1.Penggunaan mesin untuk memproduksi barang pada suatu industri. Dengan adanya mesin, maka jumlah produk yang dihasilkan akan lebih banyak dibandingkan produksi dengan cara manual. Seperti pada industri kue kering, dahulu adonan kue diaduk menggunakan tangan manusia, namun sekarang adonan bisa diaduk menggunakan mixer.
2.Adanya perkembangan teknologi, seperti software, yang dapat meringankan pekerjaan manusia dan juga waktu yang dibutuhkan lebih singkat dalam melakukan kegiatan ekonomi.
3.Seperti adanya ojek online yang memanfaatkan teknologi sebagai modal utama usahanya.Banyaknya pabrik-pabrik manufaktur yang dibuka dan beroperasi, seperti perusahaan manufaktur alat berat, dan lain sebagainya.
4.Tingginya tingkat ekspor barang dalam negeri. Hal ini mengindikasikan bahwa produk-produk dalam negeri diterima dengan baik di negara lain. Seperti produk-produk meubel dari Jepara, Jawa Tengah yang sudah diakui kualitasnya oleh negara lain.
Nama:Dwy Anggraini
BalasHapusNim:2001010238P
Prodi :MAnajemen Konversi Sore
1. Memperbaiki komunikasi yang salah ,Ada kalanya hasil yang dicapai dalam komunikasi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan.hal ini disebut dengan komunikasi tidak efektif ,sehingga komunikasi tersebut tidak bisa mencapai tujuan dengan baik,oleh karena itu diperlukan syarat agar komunikasi itu bisa efektif antara lain persepsi,ketepatan,kredibilitas,pengendalian dan kecocokan/keserasian.Sehingga tujuan menyampaian informasi ataupun kesepakatan bersama bisa tercapai.
Contohnya : (kesalahan dalam menafsirkan pesan),kesalahan dalam menafsirkan pesan dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi bisnis.Kesalahan ini terjadi oleh berbagai faktor misalnya perbedaan budaya, perbedaan latar belakang,perbedaan bahasa,perbedaan dalam menafsirkan kata dan perbedaan reaksi emosional.Misalnya, Orang Medan yang berbicara dengan nada suara yang keras kerap disalah artikan oleh orang yang berasal dari suku lain.Mereke menganggap orang Medan marah-marah sehingga pesan yang diterima pun menjadi salah.
2.Cara membangun komunikasi yang baik diawal, yaitu dengan menguasai materi apa yang akan disampaikan,lalu mendengarkan lawan bicara,usahakan untuk selalu mendengarkan lawan bicara anda dengan seksama,kemudian jangan memotong pembicaraan lawan bicara,perhatikan gaya bahasanya dan komunikasi nonverbalnya.
Contohnya:Kasus Bulying dan kekerasan di usia sekolah ,Masalah ini merupakan masalah yang kompleks.Sala satu penyebabnya lantaran macetnya komunikasi anak dari orang tua.Si anak mengaku pada orang tua dirinya ada acara buka puasa bersama tetapi kenyataanya dia melakukan tindakan bullying.Oleh sebab itu jangan ada miskomunikasi antara anak,orang tua,orang tua dengan sekolah,sekolah dengan anak,
Nama: Sefti Dwi Julianti
BalasHapusNim:2001020002
Prodi: akuntansi
1.)Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki komunikasi yg salah:
~Berikan perhatian untuk komunikasi yang bersifat non-verbal.
Bahasa tubuh dapat mengisyaratkan bahwa anda memahami apa yang orang katakan, melalui bagaimana cara anda melihat, mendengar, bergerak, dan bereaksi terhadap orang yang ada disekitar anda dapat berarti sesuatu hal yang lebih dari sekedar kata-kata.
~Temukan cara terbaik untuk berkomunikasi.
Setiap orang memiliki pilihan cara berkomunikasi yang berbeda-beda, contohnya ada orang yang lebih suka berkomunikasi dengan cara berkirim email, tapi yang lainnya lebih memilih mengangkat telepon dan berbicara, mengirim pesan singkat, bahkan menggunakan situs media sosial atau pesan instan untuk menyampaikan sesuatu. Pahami orang yang akan anda coba kontak dan gunakan metode yang biasa dia gunakan, contoh jika kamu menelepon seseorang beberapa kali dan selalu masuk ke dalam voicemail, tetapi sebenarnya orang tersebut selalu cepat merespon melalui email, maka beralih lah ke email sebagai gantinya.
~Perhatikan nada bicara.
Permasalahan yang terjadi jika kita terbiasa memanfaatkan email atau situs sosial media sangat sulit untuk memahami nada bicara seseorang. Sangat mudah untuk memahami kalimat memaksa atau marah, jadi hindari penggunaan tanda seru dalam email dan jika anda marah atau kesal sebaiknya mengambil beberapa menit untuk menenangkan diri sebelum menjawab. Jika memungkinkan bertemu langsung untuk menghindari kesalahpahaman.
Perhatikan
~tata bahasa.
Selalu mengkoreksi apa pun yang anda ketik, jika anda tidak cakap dalam mendeteksi kesalahan, gunakan spell check atau minta seseorang untuk mengoreksi email anda.
~Telaah kembali apa yang anda dengar.
Jangan lupa untuk menelaah kembali apa yang rekan atau pimpinan anda katakan dengan cara memfokuskan pada poin penting dari apa yang mereka sampaikan, hal ini akan memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk mengklarifikasi jika ada kebingungan.
~Terakhir, jangan pernah berhenti untuk memperbaiki.
Komunikasi yang efektif adalah tentang keterampilan yang harus dilatih terus-menerus. Mengamati bagaimana orang lain menanggapi cara anda berkomunikasi sebagai petunjuk untuk perbaikan
Contoh kasus:kita haru merendahkan nada suara kita saat berbicara dengan orang yg lebih tua
2.)Cara agar komunikasi itu dapat berjalan dengan baik:
~Kuasai Materi
Salah satu hal yang diperlukan dalam berkomunikasi adalah dengan menguasai materi yang ingin dibicarakan. Mengapa? Hal ini agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar sehingga apabila lawan bicara Anda memberikan pertanyaan seputar materi, Anda bisa memberikan umpan balik dengan baik.
~Mendengarkan Lawan Bicara
Usahakan untuk selalu mendengarkan lawan bicara Anda dengan seksama. Dengan begitu, Anda bisa memberikan umpan balik yang tepat. Dengarkan lawan bicara Anda dengan penuh ekspresi seperti tersenyum, hal ini menunjukkan bahwa Anda menikmati perbincangan dengannya dan ia akan merasa dihargai.
~Jangan Memotong Pembicaraan
Apabila lawan bicara Anda mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat Anda, jangan langsung memotongnya! Tetap dengarkan dia, dan apabila sudah waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.
~Perhatikan Gaya Bahasa
Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Apabila Anda sedang berbicara dengan calon klien Anda, usahakan untuk berbicara dengan sopan dan mudah dipahami. Tetapi Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya bahasa lawan bicara Anda, apabila lawan bicara Anda menggunakan gaya bahasa gaul, maka Anda bisa berbicara lebih santai namun tetap sopan.
~Perhatikan Komunikasi Nonverbal
Anda perlu untuk menguasai komunikasi nonverbal seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan mata.
Nama:Nanda Alfan kurnia
BalasHapusNim:2001010056
Prodi:Manajemen
1. Perbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.
2.Indonesia adalah negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi potensi yang mulai diperhatikan dunia internasional. Contoh lain yang menggambarkan pengakuan internasional akan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat adalah kenaikan peringkat dari lembaga pemeringkat kredit internasional seperti Fitch Ratings,
Meski pemerintah Indonesia ingin mengurangi ketergantungan tradisional pada ekspor komoditas mentah dan meningkatkan peran industri manufaktur (misalnya melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara), itu adalah jalan yang sulit terutama karena sektor swasta masih tetap ragu-ragu untuk berinvestas
Assalamu'alaikum pak,
BalasHapusNama : Lusi Cantia
Nim : 2001020010
Prodi : Akuntansi
1. Bagaimana memperbaiki komunikasi yang salah, berikan contohnya!
Jawab :
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif sehingga mencapai sasaran yang baik, maka diperlukan beberapa hal yaitu : persepsi, ketepatan, kreadibilitas, pengendalian, keharmonisan.
Contohnya : hindari penggunaan kata - kata dengan istilah agar tidak terjadi miskomunikasi antar kedua belah pihak.
2. Jelaskan bagaimana komunikasi itu bisa dibangun dari awal dengan baik, berikan contohnya!
Jawab:
a). Mendengarkan dan fokus apa yang disampaikan lawan bicara;
b). Menghormati serta menjaga etika dalam pembicaraan;
c). Memperhatikan komunikasi nonverbal.
Contohnya : pada saat ada seseorang sedang berbicara kita harus mendengarkan, memperhatikan dan menghormati apa yang dia sampaikan.
Wassalamu'alaikum
NAMA: EFRIANSAH ADEPAMA
BalasHapusNim:1901010123
KELAS:4A3 MANAJEMEN PAGI
1. Memperbaiki komunikasi yang salah ,Ada kalanya hasil yang dicapai dalam komunikasi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan.hal ini disebut dengan komunikasi tidak efektif ,sehingga komunikasi tersebut tidak bisa mencapai tujuan dengan baik,oleh karena itu diperlukan syarat agar komunikasi itu bisa efektif antara lain persepsi,ketepatan,kredibilitas,pengendalian dan kecocokan/keserasian.Sehingga tujuan menyampaian informasi ataupun kesepakatan bersama bisa tercapai.
Contohnya : (kesalahan dalam menafsirkan pesan),kesalahan dalam menafsirkan pesan dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi bisnis.Kesalahan ini terjadi oleh berbagai faktor misalnya perbedaan budaya, perbedaan latar belakang,perbedaan bahasa,perbedaan dalam menafsirkan kata dan perbedaan reaksi emosional.Misalnya, Orang Medan yang berbicara dengan nada suara yang keras kerap disalah artikan oleh orang yang berasal dari suku lain.Mereke menganggap orang Medan marah-marah sehingga pesan yang diterima pun menjadi salah.
2.Cara membangun komunikasi yang baik diawal, yaitu dengan menguasai materi apa yang akan disampaikan,lalu mendengarkan lawan bicara,usahakan untuk selalu mendengarkan lawan bicara anda dengan seksama,kemudian jangan memotong pembicaraan lawan bicara,perhatikan gaya bahasanya dan komunikasi nonverbalnya.
Contohnya:Kasus Bulying dan kekerasan di usia sekolah ,Masalah ini merupakan masalah yang kompleks.Sala satu penyebabnya lantaran macetnya komunikasi anak dari orang tua.Si anak mengaku pada orang tua dirinya ada acara buka puasa bersama tetapi kenyataanya dia melakukan tindakan bullying.Oleh sebab itu jangan ada miskomunikasi antara anak,orang tua,orang tua dengan sekolah,sekolah dengan anak,
Nama: Muhamad Andri Kurniawan
BalasHapusNim:2001010006
Prodi: manajemen
1. memperbaiki komunikasi yang salah dan contohnya?
- Menjadi pendengar yang baik.
Untuk menjadi pendengar yang baik berlatih lah untuk fokus dengan apa yang lawan bicara anda katakan.
Hindari interupsi dan kesan menghakimi, contohnya kita tidak harus seperti mereka atau setuju dengan ide-ide dan pendapat
mereka.
-Temukan cara terbaik untuk berkomunikasi.
Setiap orang memiliki pilihan cara berkomunikasi yang berbeda-beda, Pahami
orang yang akan anda coba kontak dan gunakan metode yang biasa dia gunakan, contoh jika kamu menelepon seseorang beberapa kali dan selalu masuk ke dalam voicemail, tetapi sebenarnya orang tersebut selalu cepat merespon melalui email, maka beralih lah ke email sebagai gantinya.
Perhatikan nada bicara.
-Memulai dengan percakapan yang hati-hati jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.
Komunikasi akan kembali membaik seiring berjalannya waktu jika suasana sudah mencair karena rasa saling menjaga sikap
2.conroh bagaimana komunikasibisa dibangun dari awal dengan baik?
•Kuasai Materi
Salah satu hal yang diperlukan dalam berkomunikasi adalah dengan menguasai materi yang ingin dibicarakan. Mengapa? Hal ini agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar sehingga apabila lawan bicara Anda memberikan pertanyaan seputar materi, Anda bisa memberikan umpan balik dengan baik.
•Mendengarkan Lawan Bicara
Usahakan untuk selalu mendengarkan
Lawan bicara Anda dengan seksama.
Dengan begitu, Anda bisa memberikan
umpan balik yang tepat. Dengarkan lawan
bicara Anda dengan penuh ekspresi seperti
tersenyum, hal ini menunjukkan bahwa
Anda menikmati perbincangan dengannya
dan ia akan merasa dihargai.
*Jangan Memotong Pembicaraan Apabila lawan bicara Anda mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat Anda, jangan langsung memotongnya! Tetap dengarkan dia, dan apabila sudah waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.
waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda. •Perhatikan Gaya Bahasa
Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Apabila Anda sedang berbicara dengan calon klien Anda, usahakan untuk berbicara dengan sopan dan mudah dipahami. Tetapi Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya bahasa lawan bicara Anda, apabila lawan bicara Anda menggunakan gaya bahasa gaul, maka Anda bisa berbicara lebih santai namun tetap sopan.
•Perhatikan Komunikasi Nonverbal Anda perlu untuk menguasai komunikasi nonverbal seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan mata. Usahakan untuk tidak melihat jam tangan, mata yang tidak fokus terhadap lawan bicara serta ekspresi wajah dengan mengerutkan dahi. Hal ini secara tidak langsung memberikan informasi kepada lawan bicara Anda bahwa Anda tidak tertarik lagi berbincang dengannya.
Nama: Muhamad Andri Kurniawan
BalasHapusNim:2001010006
Prodi: manajemen
Kelas: regular (A1)
1. memperbaiki komunikasi yang salah dan contohnya?
- Menjadi pendengar yang baik.
Untuk menjadi pendengar yang baik berlatih lah untuk fokus dengan apa yang lawan bicara anda katakan.
Hindari interupsi dan kesan menghakimi, contohnya kita tidak harus seperti mereka atau setuju dengan ide-ide dan pendapat
mereka.
-Temukan cara terbaik untuk berkomunikasi.
Setiap orang memiliki pilihan cara berkomunikasi yang berbeda-beda, Pahami
orang yang akan anda coba kontak dan gunakan metode yang biasa dia gunakan, contoh jika kamu menelepon seseorang beberapa kali dan selalu masuk ke dalam voicemail, tetapi sebenarnya orang tersebut selalu cepat merespon melalui email, maka beralih lah ke email sebagai gantinya.
Perhatikan nada bicara.
-Memulai dengan percakapan yang hati-hati jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.
Komunikasi akan kembali membaik seiring berjalannya waktu jika suasana sudah mencair karena rasa saling menjaga sikap
2.conroh bagaimana komunikasibisa dibangun dari awal dengan baik?
•Kuasai Materi
Salah satu hal yang diperlukan dalam berkomunikasi adalah dengan menguasai materi yang ingin dibicarakan. Mengapa? Hal ini agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar sehingga apabila lawan bicara Anda memberikan pertanyaan seputar materi, Anda bisa memberikan umpan balik dengan baik.
•Mendengarkan Lawan Bicara
Usahakan untuk selalu mendengarkan
Lawan bicara Anda dengan seksama.
Dengan begitu, Anda bisa memberikan
umpan balik yang tepat. Dengarkan lawan
bicara Anda dengan penuh ekspresi seperti
tersenyum, hal ini menunjukkan bahwa
Anda menikmati perbincangan dengannya
dan ia akan merasa dihargai.
*Jangan Memotong Pembicaraan Apabila lawan bicara Anda mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat Anda, jangan langsung memotongnya! Tetap dengarkan dia, dan apabila sudah waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.
waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda. •Perhatikan Gaya Bahasa
Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Apabila Anda sedang berbicara dengan calon klien Anda, usahakan untuk berbicara dengan sopan dan mudah dipahami. Tetapi Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya bahasa lawan bicara Anda, apabila lawan bicara Anda menggunakan gaya bahasa gaul, maka Anda bisa berbicara lebih santai namun tetap sopan.
•Perhatikan Komunikasi Nonverbal Anda perlu untuk menguasai komunikasi nonverbal seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan mata. Usahakan untuk tidak melihat jam tangan, mata yang tidak fokus terhadap lawan bicara serta ekspresi wajah dengan mengerutkan dahi. Hal ini secara tidak langsung memberikan informasi kepada lawan bicara Anda bahwa Anda tidak tertarik lagi berbincang dengannya.
Nama : R. Alfa Fathur Rahman
BalasHapusProdi : Akuntansi
Nim : 20.01.02.0044
1. Jelaskan bagaimana cara memperbaiki komunikasi yang salah !
Dalam melakukan komunikasi, ada kalanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, terjadilah suatu komunikasi yang tidak efektif, dan tidak mencapai sasaran dengan baik. Oleh karena itu diperlukan beberapa persyaratan dalam memperbaiki komunikasi yang salah supaya tercapainya sebuah komunikasi yang efektif, persyaratan tersebut diantara nya :
a. Persepsi
Seorang pembicara harus dapat memprediski apakah pesan - pesan yang disampaikan dapat diterima oleh audiens atau tidak. Bila prediksinya tepat, audiens akan dapat membaca dan menerima tanggapan dengan baik. Kemudian, audiens akan mengantisipasi bagaimana reaksi pembicara dalam menyusun umpan balik, dengan tetap melakukan penyesuaian untuk menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi tersebut.
b. Ketepatan
Secara umum, audiens mempunyai kerangka berpikir yang jelas. Agar komunikasi mencapai sasaran, pembicara perlu mengekspresikan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam kerangka berpikir mereka. Apabila hal itu diabaikan, yang muncul adalah kesalahan komunikasi.
c. Kredibilitas
Dalam berkomunikasi, pembicara perlu memiliki suatu keyakinan dan optimisme yang tinggi bahwa audiensnya adalah orang-orang yang dapat dipercaya. Demikian pula, pembicara harus mempunyai suatu keyakinan bahwa inti pesan yang ingin disampaikan kepada audiens benar-benar akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Disamping itu, pembicara juga harus memahami dengan baik apa maksud dan tujuan penyampaian pesan tersebut.
d. Pengendalian
Dalam berkomunikasi, audiens akan memberikan suatu reaksi atau tanggapan terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi mereka dapat membuat komentar tertawa, menangis, bertindak, atau mengubah pikiran. Reaksi audiens bergantung pada berhasil atau tidaknya pembicara mengendalikan audiens saat melakukan komunikasi. Jika seorang motivator berhasil menyampaikan pesan sehingga dapat mengendalikan audiens, serta dapat merubah pikirannya. Reaksi inilah yang dikatakan sebagai pengendalian dalam berkomunikasi.
e. Keharmonisan
Pembicara yang baik tentu akan selalu dapat menjaga hubungan yang baik dengan audiens sehingga komunikasi dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Seorang pembicara yang baik juga akan menghormati serta memberi kesan yang baik kepada audiensnya.
2. Bagaimana cara agar komunikasi dapat di bangun dengan baik ? Berikan contohnya !
Komunikasi yang efektif dan baik dapat dibentuk dengan memperhatikan tiga hal berikut :
1. Membuat suatu pesan secara lebih berhati-hati
Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah memperhatikan maksud dan tujuan berkomunikasi dan audiens yang dituju. Katakan apa yang dikehendaki dengan menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele. Jelaskan hal-hal yang penting dan jangan lupa tekankan dan telaah ulang butir-butir yang dianggap penting tersebut.
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
Melalui pemilihan saluran komunikasi yang hati-hati, komunikator dapat membuat audiensnya lebih mudah memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan. Penyampaian pesan dengan cara lisan akan efektif bila lokasi atau tempat penyampaian pesan teratur, rapi, nyaman, sejuk, dan sebagainya.
3. Mempermudah upaya umpan balik antara pengirim dan penerima pesan.
Agar pemberian umpan balik (feedback) tersebut memberikan suatu manfaat yang cukup berarti, cara dan waktu penyampaiannya harus direncanakan dengan baik. Jika seorang komunikator menghendaki umpan balik yang cepat, dapat dipilih sarana komunikasi yang cepat, misalnya melalui tatap muka atau melalui telepon. Akan dapat menjadi alternative yang baik untuk menyampaikan pesan.
Nama : Hernani
BalasHapusNim : 2001020017
Prodi : Akuntansi
1.Bagaimana merperbaiki komunikasi yang salah,berikan contohnya!
CARA MEMPERBAIKI KOMUNIKASI
Dalam melakukan komunikasi adakalanya hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, komunikasi yang terjadi tidak efektif, sehingga tidak mencapai sasaran dengan baik. Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, antara lain: persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan/keserasian.
1.Persepsi
Komunikator harus dapat memprediksi apakah pesan-pesan yang akan disampaikannya dapat diterima oleh penerima pesan. Bila prediksinya tepat, audience akan membaca atau menerima tanggapannya dengan benar. Audience sebagai penerima pesan, lalu akan mengantisipasi reaksi komunikator untuk menyusun pesan yang diterima bagi diri mereka, dengan tetap melakukan penyesuaian untuk menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi tersebut.
2.Ketepatan
Audience mempunyai suatu kerangka pikir. Agar komunikasi yang dilakukan mencapai sasaran, komunikator perlu mengekspresikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka pikir audience. Apabila hal tersebut diabaikan, maka yang muncul adalah miscommunication.
3.Kredibilitas
Dalam berkomunikasi, komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bahwa audience-audiencenya adalah orang-orang yang dapat dipercaya. Demikian juga sebaliknya, komunikator harus mempunyai suatu keyakinan akan inti pesan dan maksud yang ingin mereka sampaikan.
4.Pengendalian
Dalam berkomunikasi, audience akan memberikan suatu reaksi atau tanggapan terhadap pesan yan disampaikan. Reaksi mereka dapat membuat komunikator tertawa, menangis, bertindak, mengubah pikiran atau bersikap lemah lembut. Hal ini ditentukan oleh intensitas reaksi yang dilontarkan audience terhadap apa yang disampaikan oleh komunikator. Sebaliknya, reaksi audience tergantung pada berhasil atau tidaknya komunikator mengendalikan audiencenya saat melakukan komunikasi.
5.Kecocokan/keserasian
Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan audience sehingga komunikasi dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Seorang komunikator yang baik juga akan menghormati dan berhasil memberi kesan yang baik kepada audience-nya.
2.Tolong berikan contoh bagaimana komunikasi itu bisa di bangun dari awal dengan baik?berikan contohnya!
komunikasi lain adalah untuk mempengaruhi atau membujuk seseorang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, kita berusaha mempengaruhi dan membujuk klien agar berminat untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa kita melalui presentasi bisnis yang kita lakukan.
Nama : rinaldo abd
BalasHapusNim : 1901010259
Kelas : 4a1 pagi manajemen
Jawab
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki komunikasi yang salah,diantaranya dapat dilakukan dengan cara:
- Memberikan waktu dan perhatian dalam percakapan yang penting.
Dimana, komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan dilakukan.
Misalnya : jika anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama. Tetapi, solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.
- Lakukan kontak mata dengan lawan bicara
Menatap lawan bicara akan membuat anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.
- Menggunakan bahasa tubuh yang baik selama pembicaraan berlangsung
Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa.
Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika Anda harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara Anda.
-Mendengarkan
komunikasi adalah percakapan dua arah yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan dan mendengarkan secara timbal balik. Dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara dan jangan hanya sekedar menunggu giliran untuk berbicara saja. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan Anda informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya.
-Terus Belajar Berkomunikasi melalui berbagai Sumber dan Pengalaman
Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan tentang komunikasi atau public speaking.
2.Kualitas sebuah komunikasi sangat ditentukan oleh tonalitas suara atau tinggi rendah dan lemah lembutnya suara, keras tidak suara dan perubahan nada suara. Akan tetapi tonalitas suara saja tidak cukup, karena tonalitas suara bisa saja membuat komunikasi verbal kurang hidup. Oleh karena itu tonalitas suara sebaiknya dibarengi dengan ekspresi atau raut muka yang sesuai.
Hal yang dapat kita lakukan yakni :
1). Ketahui mitra bicara (audience). Kita harus sangat mengenal dan memahami dengan siapa kita berbicara. Apakah dengan orang tua, anak-anak, laki-laki atau perempuan, status sosialnya seperti apa, pangkat, jabatan dan semacamnya. Dengan mengetahui audinece kita harus cerdik dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan informasi atau buah pikiran kita. Artinya, bahasa yang dipakai harus sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audience kita.
2). Ketahui tujuan
Tujuan kita berkomunikasi akan sangat menentukan cara kita menyampaikan informasi. Bila kita bermaksud sekedar menyampaikan informasi, tentu komunikasi bersifat pengumuman.
3).Perhatikan konteks
Konteks disini berarti keadaan atau lingkungan pada saat berkomunikasi. Pada saat berkomunikasi, konteks sangat berperan dalam memperjelas informasi yang disampaikan.
4).Pelajari Kultur
Kultur atau budaya, habit atau kebiasaan orang atau masyarakat juga perlu diperhatikan dalam berkomunikasi. Orang Jawa atau Sunda pada umunya dikenal kelembutannya dalam bertutur kata. Kelembutan bertutur kata akan sangat baik bila diimbangi dengan cara serupa.
5). Pahami Bahasa. Bahasa menunjukkan bangsa, artinya bahasa dapat menjadi ciri atau identitas suatu bangsa. Berbicara identitas berarti berbicara harga diri atau kebanggaan. Dengan memahami bahasa orang lain berarti berusaha menghargai orang lain.
Nama : Habib
BalasHapusProdi : Akuntansi
Nim : 20.01.02.0054
1. Jelaskan bagaimana cara memperbaiki komunikasi yang salah !
Dalam melakukan komunikasi, ada kalanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan kata lain, terjadilah suatu komunikasi yang tidak efektif, dan tidak mencapai sasaran dengan baik. Oleh karena itu diperlukan beberapa persyaratan dalam memperbaiki komunikasi yang salah supaya tercapainya sebuah komunikasi yang efektif, persyaratan tersebut diantara nya :
a. Persepsi
Seorang pembicara harus dapat memprediski apakah pesan - pesan yang disampaikan dapat diterima oleh audiens atau tidak. Bila prediksinya tepat, audiens akan dapat membaca dan menerima tanggapan dengan baik. Kemudian, audiens akan mengantisipasi bagaimana reaksi pembicara dalam menyusun umpan balik, dengan tetap melakukan penyesuaian untuk menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi tersebut.
b. Ketepatan
Secara umum, audiens mempunyai kerangka berpikir yang jelas. Agar komunikasi mencapai sasaran, pembicara perlu mengekspresikan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam kerangka berpikir mereka. Apabila hal itu diabaikan, yang muncul adalah kesalahan komunikasi.
c. Kredibilitas
Dalam berkomunikasi, pembicara perlu memiliki suatu keyakinan dan optimisme yang tinggi bahwa audiensnya adalah orang-orang yang dapat dipercaya. Demikian pula, pembicara harus mempunyai suatu keyakinan bahwa inti pesan yang ingin disampaikan kepada audiens benar-benar akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Disamping itu, pembicara juga harus memahami dengan baik apa maksud dan tujuan penyampaian pesan tersebut.
d. Pengendalian
Dalam berkomunikasi, audiens akan memberikan suatu reaksi atau tanggapan terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi mereka dapat membuat komentar tertawa, menangis, bertindak, atau mengubah pikiran. Reaksi audiens bergantung pada berhasil atau tidaknya pembicara mengendalikan audiens saat melakukan komunikasi. Jika seorang motivator berhasil menyampaikan pesan sehingga dapat mengendalikan audiens, serta dapat merubah pikirannya. Reaksi inilah yang dikatakan sebagai pengendalian dalam berkomunikasi.
e. Keharmonisan
Pembicara yang baik tentu akan selalu dapat menjaga hubungan yang baik dengan audiens sehingga komunikasi dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Seorang pembicara yang baik juga akan menghormati serta memberi kesan yang baik kepada audiensnya.
2. Bagaimana cara agar komunikasi dapat di bangun dengan baik ? Berikan contohnya !
Komunikasi yang efektif dan baik dapat dibentuk dengan memperhatikan tiga hal berikut :
1. Membuat suatu pesan secara lebih berhati-hati
Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah memperhatikan maksud dan tujuan berkomunikasi dan audiens yang dituju. Katakan apa yang dikehendaki dengan menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, mudah dipahami, dan tidak bertele-tele. Jelaskan hal-hal yang penting dan jangan lupa tekankan dan telaah ulang butir-butir yang dianggap penting tersebut.
2. Minimalkan gangguan dalam proses komunikasi
Melalui pemilihan saluran komunikasi yang hati-hati, komunikator dapat membuat audiensnya lebih mudah memusatkan perhatian pada pesan yang disampaikan. Penyampaian pesan dengan cara lisan akan efektif bila lokasi atau tempat penyampaian pesan teratur, rapi, nyaman, sejuk, dan sebagainya.
3. Mempermudah upaya umpan balik antara pengirim dan penerima pesan.
Agar pemberian umpan balik (feedback) tersebut memberikan suatu manfaat yang cukup berarti, cara dan waktu penyampaiannya harus direncanakan dengan baik. Jika seorang komunikator menghendaki umpan balik yang cepat, dapat dipilih sarana komunikasi yang cepat, misalnya melalui tatap muka atau melalui telepon. Akan dapat menjadi alternative yang baik untuk menyampaikan pesan.
Nama : Yuvindo
BalasHapusNim :20.01.02.0004
Prodi : Akuntansi
1. Cara memperbaiki komunikasi yang salah dan berikan contoh nya ?
Berikan perhatian untuk komunikasi yang bersifat non-verbal.
Bahasa tubuh dapat mengisyaratkan bahwa anda memahami apa yang orang katakan, melalui bagaimana cara anda melihat, mendengar, bergerak, dan bereaksi terhadap orang yang ada disekitar anda dapat berarti sesuatu hal yang lebih dari sekedar kata-kata.Temukan cara terbaik untuk berkomunikasi.
Setiap orang memiliki pilihan cara berkomunikasi yang berbeda-beda, contohnya ada orang yang lebih suka berkomunikasi dengan cara berkirim email, tapi yang lainnya lebih memilih mengangkat telepon dan berbicara, mengirim pesan singkat, bahkan menggunakan situs media sosial atau pesan instan untuk menyampaikan sesuatu. Pahami orang yang akan anda coba kontak dan gunakan metode yang biasa dia gunakan, contoh jika kamu menelepon seseorang beberapa kali dan selalu masuk ke dalam voicemail, tetapi sebenarnya orang tersebut selalu cepat merespon melalui email, maka beralih lah ke email sebagai gantinya.Perhatikan nada bicara.
Permasalahan yang terjadi jika kita terbiasa memanfaatkan email atau situs sosial media sangat sulit untuk memahami nada bicara seseorang. Sangat mudah untuk memahami kalimat memaksa atau marah, jadi hindari penggunaan tanda seru dalam email dan jika anda marah atau kesal sebaiknya mengambil beberapa menit untuk menenangkan diri sebelum menjawab. Jika memungkinkan bertemu langsung untuk menghindari kesalahpahaman.Perhatikan tata bahasa.
Selalu mengkoreksi apa pun yang anda ketik, jika anda tidak cakap dalam mendeteksi kesalahan, gunakan spell check atau minta seseorang untuk mengoreksi email anda.Telaah kembali apa yang anda dengar.
Jangan lupa untuk menelaah kembali apa yang rekan atau pimpinan anda katakan dengan cara memfokuskan pada poin penting dari apa yang mereka sampaikan, hal ini akan memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk mengklarifikasi jika ada kebingungan.Terakhir, jangan pernah berhenti untuk memperbaiki.
Komunikasi yang efektif adalah tentang keterampilan yang harus dilatih terus-menerus. Mengamati bagaimana orang lain menanggapi cara anda berkomunikasi sebagai petunjuk untuk perbaikan.
2. Contoh bagaimana komunikasi bisa di bangun dari awal dengan baik ?
•Kuasai Materi
Salah satu hal yang diperlukan dalam berkomunikasi adalah dengan menguasai materi yang ingin dibicarakan. Mengapa? Hal ini agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar sehingga apabila lawan bicara Anda memberikan pertanyaan seputar materi, Anda bisa memberikan umpan balik dengan baik.
•Mendengarkan Lawan Bicara
Usahakan untuk selalu mendengarkan lawan bicara Anda dengan seksama. Dengan begitu, Anda bisa memberikan umpan balik yang tepat. Dengarkan lawan bicara Anda dengan penuh ekspresi seperti tersenyum, hal ini menunjukkan bahwa Anda menikmati perbincangan dengannya dan ia akan merasa dihargai.
•Jangan Memotong Pembicaraan
Apabila lawan bicara Anda mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pendapat Anda, jangan langsung memotongnya! Tetap dengarkan dia, dan apabila sudah waktunya Anda memberikan feedback, Anda bisa memberikannya dengan tidak memojokkannya karena memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.
•Perhatikan Gaya Bahasa
Anda perlu memperhatikan gaya bahasa Anda. Apabila Anda sedang berbicara dengan calon klien Anda, usahakan untuk berbicara dengan sopan dan mudah dipahami. Tetapi Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya bahasa lawan bicara Anda, apabila lawan bicara Anda menggunakan gaya bahasa gaul, maka Anda bisa berbicara lebih santai namun tetap sopan.
•Perhatikan Komunikasi Nonverbal
Anda perlu untuk menguasai komunikasi nonverbal seperti gerak tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan mata. Usahakan untuk tidak melihat jam tangan, mata yang tidak fokus terhadap lawan bicara serta ekspresi wajah dengan mengerutkan dahi. Hal ini secara tidak langsung memberikan informasi kepada lawan bicara Anda bahwa Anda tidak tertarik lagi berbincang dengannya.
Nama : Della Elfiana
BalasHapusNim :2001010102
Prodi : Manajemen
1. Apa perbedaan ekonomi pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi ?
Jawab:
Perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi yaitu jika pertumbuhan ekonomi merupakan naiknya jumlah produksi yang terwujud dalam naiknya pendapatan nasional dalam kurun waktu tertentu, sedangkan pembangunan ekonomi merupakan naiknya pendapatan perkapita dan pendapatan total yang disertai dengan bertambahnya jumlah penduduk serta perubahan-perubahan yang positif dari struktur ekonomi dan fundamental serta ratanya pendapatan masyarakat di suatu negara.
2. Bagaimana dalam segi pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia saat ini berikan penjelasan
jawab:
Indonesia adalah negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi; potensi yang mulai diperhatikan dunia internasional. Indonesia - ekonomi terbesar di Asia Tenggara - memiliki sejumlah karakteristik yang menempatkan negara ini dalam posisi yang bagus untuk mengalami perkembangan ekonomi yang pesat. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir ada dukungan kuat dari pemerintah pusat untuk mengekang ketergantungan Indonesia pada ekspor komoditas (mentah), sekaligus meningkatkan peran industri manufaktur dalam perekonomian. Pembangunan infrastruktur juga merupakan tujuan utama pemerintah, dan yang perlu menyebabkan efek multiplier dalam perekonomian.
Nama: Dina Aulia
BalasHapusNim: 2001020027
Prodi: Akuntansi
1. Jelaskan bagaimana memperbaiki komunikasi yang salah? Berikan contohnya!
Jawab:
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki komunikasi yang salah,diantaranya dapat dilakukan dengan cara:
- Memberikan waktu dan perhatian dalam percakapan yang penting.
Dimana, komunikasi yang efektif membutuhkan waktu dan pesan yang disampaikan harus dalam kesempatan yang tepat. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kepentingan komunikasi yang akan dilakukan.
Misalnya: jika anda ingin berkomunikasi dengan atasan tentang kenaikan gaji, maka jangan melakukan hal ini saat sedang berjalan di lorong kantor atau saat sedang makan siang bersama. Tetapi, solusi yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal pertemuan dan memastikan anda bisa memperhatikan percakapan tanpa gangguan.
- Lakukan kontak mata dengan lawan bicara. Menatap lawan bicara akan membuat anda terlihat menghormati dan peduli dengan mereka untuk tetap terhubung dalam percakapan. Melakukan kontak mata merupakan keterampilan berkomunikasi yang penting untuk dilakukan.
- Menggunakan bahasa tubuh yang baik selama pembicaraan berlangsung
Anda bisa menurunkan diri menjadi lebih rendah saat sedang berbicara dengan anak-anak. Atau bisa juga dengan duduk dan berdiri tegak saat sedang berbicara dengan orang dewasa. Lakukan gerakan tubuh saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Jika Anda harus menggerakkan tangan saat berbicara, maka perhatikan efek yang bisa ditimbulkan pada orang lain dan jangan lupa memperhatikan reaksi lawan bicara Anda.
-Mendengarkan komunikasi adalah percakapan dua arah yang memungkinkan orang lain menyampaikan pesan dan mendengarkan secara timbal balik. Dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh lawan bicara dan jangan hanya sekedar menunggu giliran untuk berbicara saja. Mendengarkan lawan bicara akan memberikan Anda informasi yang memungkinkan Anda menyampaikan pesan selanjutnya.
-Terus Belajar Berkomunikasi melalui berbagai Sumber dan Pengalaman
Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau mengikuti pelatihan yang berkaitan tentang komunikasi atau public speaking.
2. Berikan contoh bagaimana komunikasi itu bisa dibangun dari awal dengan baik? Berikan contohnya!
Jawab:
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan sebuah komunikasi yang efektif:
- Ketahui mitra bicara (audience). Kita harus sangat mengenal dan memahami dengan siapa kita berbicara. Apakah dengan orang tua, anak-anak, laki-laki atau perempuan, status sosialnya seperti apa, pangkat, jabatan dan semacamnya. Dengan mengetahui audinece kita harus cerdik di dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan informasi atau buah fikiran kita. Artinya, bahasa yang dipakai harus sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami oleh audience kita.
- Ketahui tujuan . Tujuan kita berkomunikasi akan sangat menentukan cara kita menyampaikan informasi. Bila kita bermaksud sekedar menyampaikan informasi, tentu komunikasi bersifat pengumuman.
- Perhatikan konteks. Konteks disini berarti keadaan atau lingkungan pada saat berkomunikasi. Pada saat berkomunikasi, konteks sangat berperan dalam memperjelas informasi yang disampaikan.
- Pelajari Kultur. Kultur atau budaya, habit atau kebiasaan orang atau masyarakat juga perlu diperhatikan dalam berkomunikasi. Orang Jawa atau Sunda pada umunya dikenal kelembutannya dalam bertutur kata. Kelembutan bertutur kata akan sangat baik bila diimbangi dengan cara serupa.
- Pahami Bahasa. Bahasa menunjukkan bangsa, artinya bahasa dapat menjadi ciri atau identitas suatu bangsa. Berbicara identitas berarti berbicara harga diri atau kebanggaan. Dengan memahami bahasa orang lain berarti berusaha menghargai orang lain.
Nama: Wulan Febrianti
BalasHapusNim: 218010091
VIa2 manajemen
Jawaban
1
1.Competency (knowledge, skill, abilities dan experience)
Setiap karyawan harus memiliki kompetensi yang memadai, karena kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, kemampuan, berpengalaman dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh setiap orang dalam melaksanakan tugas agar menjadi professional.
2.Commitment
Memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan dimana seseorang bekerja. Sikap karyawan yang tertarik dengan tujuan, nilai dan sasaran perusahaan yang ditunjukan dengan adanya penerimaan individu atas nilai dan tujuan perusahaan serta memiliki keinginan untuk berafiliasi dengan suatu perusahaan dan kesediaan bekerja keras untuk perusahaan sehingga membuat individu betah dan tetap ingin bertahan di perusahaan tersebut demi tercapainya tujuan dan kelangsungan perusahaan.
3.Cost Effectiveness
Selalu bertindak Cost Effectiveness dalam setiap aktivitasnya didalam perusahaan. Dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi biaya serta manfaat baik di masa sekarang maupun akan dating.
4.Congruence of Goals
Selalu bertindak selaras antara tujuan pribadinya dengan tujuan Organisasi. Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur suatu perusahaan. (Eksel)
Gojek merupakan perusahaan startup dalam negeri yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Tak hanya itu berbagai layanan lainnya seperti antar makanan dan antar paket juga bisa memakai jasa perusahaan ini. Gojek pertama kali didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.
2. Secara umum, kegiatan dan kemampuan startup-startup di Indonesia sudah mampu untuk mendisrupsi pasar yang sudah ada. Idealnya, untuk mengembangkan produk yang tepat guna, startup harus bisa memprioritaskan teknologi yang ingin diimplementasikan. Menurut Chief Innovation Officer DOKU Rudianto, di tahap awal dari sebuah startup teknologi, hal yang paling penting adalah mendapatkan product-market fit.
“Karena itu, startup perlu memilih teknologi yang mendukung sistem pembangunan dengan kecepatan yang ekstrem. Sedangkan untuk layanan, startup harus menghapus ide memiliki fungsi lengkap, dengan membangun fungsionalisasi minimum dan fokus pada layanan hingga pengumpulan data dan tentunya mendengarkan feedback dari pengguna.
3.
A. Melakukan Sebuah Perencanaan
Dalam melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan, terlebih dahulu harus dimulai dengan suatu perencanaan. Perencanaan, biasanya disusun pada awal tahun untuk rencana satu tahun kedepan nya. Dalam tahap ini diambil dalam upaya penyusunan sasaran kinerja karyawan dan kompetensi apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk setiap karyawan.
Dan selain itu harus dipertimbangkan hal-hal apa saja yang harus menjadi standar dalam penilaian kinerja agar penilaian menjadi ideal. Maka untuk mencapai penilaian yang ideal tersebut maka penilaian haruslah objektif. Sebuah penilaian yang objektif ini merupakan penilaian berdasarkan standar-standar acuan yang sudah disetujui dan nilainya sesuai dengan tingkat pencapaian.
B. Melakukan penyusunan Data dan Bahan
Ketika pemimpin melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan, tentunya pemimpin terlebih dahulu harus memiliki karakter pemimpin yang dapat di jadikan teladan bagi tiap karyawan nya.
C. tahap pelaksanaan ini merupakan sebuah tahap untuk memantau segala evaluasi kinerja yang telah diberikan. Dan biasanya, dalam pelaksanaanya akan ada proses review baik tiap bulan atau pun pada tengah tahun. Dan contoh evaluasi kinerja dalam pelaksanaan tersebut bisa berupa pemberian coaching ( pembinaan ) dari atasan kepada karyawan.
D. Memberikan Penilaian dan Review
Setelah pelaksanaan tersebut sudah dilakukan, maka saat nya melakukan sebuah penilaian di tiap akhir tahun pelaksanaan.
Dan hasil dari evaluasi kinerja karyawan tersebut di jadikan sebagai perbandingan sebagai alat untuk mengidentifikasikan evaluasi kinerja karyawan apakah sudah sesuai dengan target yang di inginkan atau belum sesuai dengan target yang di inginkan oleh perusahaan.
Nama: Wulan Febrianti
BalasHapusNim: 218010091
VIa2 manajemen
Jawaban
1
1.Competency (knowledge, skill, abilities dan experience)
Setiap karyawan harus memiliki kompetensi yang memadai, karena kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, kemampuan, berpengalaman dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh setiap orang dalam melaksanakan tugas agar menjadi professional.
2.Commitment
Memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan dimana seseorang bekerja. Sikap karyawan yang tertarik dengan tujuan, nilai dan sasaran perusahaan yang ditunjukan dengan adanya penerimaan individu atas nilai dan tujuan perusahaan serta memiliki keinginan untuk berafiliasi dengan suatu perusahaan dan kesediaan bekerja keras untuk perusahaan sehingga membuat individu betah dan tetap ingin bertahan di perusahaan tersebut demi tercapainya tujuan dan kelangsungan perusahaan.
3.Cost Effectiveness
Selalu bertindak Cost Effectiveness dalam setiap aktivitasnya didalam perusahaan. Dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi biaya serta manfaat baik di masa sekarang maupun akan dating.
4.Congruence of Goals
Selalu bertindak selaras antara tujuan pribadinya dengan tujuan Organisasi. Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur suatu perusahaan. (Eksel)
Gojek merupakan perusahaan startup dalam negeri yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Tak hanya itu berbagai layanan lainnya seperti antar makanan dan antar paket juga bisa memakai jasa perusahaan ini. Gojek pertama kali didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.
2. Secara umum, kegiatan dan kemampuan startup-startup di Indonesia sudah mampu untuk mendisrupsi pasar yang sudah ada. Idealnya, untuk mengembangkan produk yang tepat guna, startup harus bisa memprioritaskan teknologi yang ingin diimplementasikan. Menurut Chief Innovation Officer DOKU Rudianto, di tahap awal dari sebuah startup teknologi, hal yang paling penting adalah mendapatkan product-market fit.
“Karena itu, startup perlu memilih teknologi yang mendukung sistem pembangunan dengan kecepatan yang ekstrem. Sedangkan untuk layanan, startup harus menghapus ide memiliki fungsi lengkap, dengan membangun fungsionalisasi minimum dan fokus pada layanan hingga pengumpulan data dan tentunya mendengarkan feedback dari pengguna.
3.
A. Melakukan Sebuah Perencanaan
Dalam melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan, terlebih dahulu harus dimulai dengan suatu perencanaan. Perencanaan, biasanya disusun pada awal tahun untuk rencana satu tahun kedepan nya. Dalam tahap ini diambil dalam upaya penyusunan sasaran kinerja karyawan dan kompetensi apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk setiap karyawan.
Dan selain itu harus dipertimbangkan hal-hal apa saja yang harus menjadi standar dalam penilaian kinerja agar penilaian menjadi ideal. Maka untuk mencapai penilaian yang ideal tersebut maka penilaian haruslah objektif. Sebuah penilaian yang objektif ini merupakan penilaian berdasarkan standar-standar acuan yang sudah disetujui dan nilainya sesuai dengan tingkat pencapaian.
B. Melakukan penyusunan Data dan Bahan
Ketika pemimpin melakukan sebuah evaluasi kinerja karyawan, tentunya pemimpin terlebih dahulu harus memiliki karakter pemimpin yang dapat di jadikan teladan bagi tiap karyawan nya.
C. tahap pelaksanaan ini merupakan sebuah tahap untuk memantau segala evaluasi kinerja yang telah diberikan. Dan biasanya, dalam pelaksanaanya akan ada proses review baik tiap bulan atau pun pada tengah tahun. Dan contoh evaluasi kinerja dalam pelaksanaan tersebut bisa berupa pemberian coaching ( pembinaan ) dari atasan kepada karyawan.
D. Memberikan Penilaian dan Review
Setelah pelaksanaan tersebut sudah dilakukan, maka saat nya melakukan sebuah penilaian di tiap akhir tahun pelaksanaan.
Dan hasil dari evaluasi kinerja karyawan tersebut di jadikan sebagai perbandingan sebagai alat untuk mengidentifikasikan evaluasi kinerja karyawan apakah sudah sesuai dengan target yang di inginkan atau belum sesuai dengan target yang di inginkan oleh perusahaan.
1. Apa perbedaan ekonomi pembangunan dengan pertumbuhan ekonomi ?
BalasHapusPerbedaan antara keduanya adalah pertumbuhan ekonomi keberhasilannya lebih bersifat kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, sedangkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, bukan hanya pertambahan produksi, tetapi juga terdapat perubahan-perubahan